Edmodo: Social Network untuk Pendidikan

Saya sering mendengar pernyataan ini dari orang tua/ wali muid/ guru: “saya tidak setuju anak-anak fesbukan…”

Hmm, bisa dipahami sih.. Memang keberadaan social network (dalam hal ini Facebook) sedikit banyak mengkhawatirkan, terutama ketika peserta didik salah memanfaatkannya. Tetapi tidak bisa dipungkiri, social network telah menjadi “sahabat” dalam kehidupan anak-anak ini. Pendapat saya sih, daripada menghabiskan energi untuk melarang mereka “bersocialnetwork ria” , lebih baik merancang strategi agar social network ini bermanfaat untuk pendidikan.

Banyak cara memang, dan pada tulisan ini saya merekomendasikan Edmodo, suatu social network yang khusus digunakan untuk tujuan pembelajaran.

Silahkan (jika ingin) bergabung di sini.

Kenapa Edmodo?

1. Sebenarnya ga harus Edmodo sih, apapun boleh😀 Yang penting tujuan edukasi nya tetap tercapai.

2. Edmodo membedakan login sebagai guru, siswa maupun parents (ortu).

Siapa pun Anda, Anda bisa mendaftar sebagai guru. Hal yang bisa Anda lakukan sebagai guru:

a. Mencari/mendaftarkan sekolah Anda

b.Membuat group

Group didaftarkan berdasar jenjang kelas dan subjek mata pelajaran. Misal Grup Matematika untuk Kelas 7 (SMP).

Setelah grup terdaftar, Anda akan memperoleh kode grup untuk dibagikan pada siswa Anda. Kode inilah yang digunakan sebagai verifikasi ketika siswa mendaftar di grup yang Anda buat.

c.Membuat library

Mungkin ini yang membedakan Edmodo dengan social network lain. Anda sebagai guru bisa mengupload tipe file apapun di library, jadi bukan hanya memasang link nya. Fitur ini sangat bermanfaat ketika Anda ingin mendelivery konten atau materi ke peserta didik.

d.Menulis note, alert, assignment dan poll

Mungkin kalau di pesbuk, istilah-istilah ini lebih populer sebagai “status”.  Cuma bedanya, guru harus menentukan kepada siapa status ini ditujukan. Kelas mana, siswa yg mana atau mungkin guru lain. Note berupa catatan singkat, alert sifatnya lebih ke peringatan (misal batas waktu pengumpulan tugas, besok ujian, dll), assignment untuk penugasan dan poll apabila guru ingin mengadakan angket atau jajak pendapat. Pada setiap status ini, guru dapat menyertakan file dari library yang dibuat maupun link situs lain.

d. Bergabung dengan komunitas

Ada berbagai macam komunitas berdasar nama mata pelajaran. Silahkan bergabung dan berbagi informasi dengan guru-guru lain pada bidang studi yang sama.

3. Hmm, apalagi ya… Pokoknya silahkan mencoba… Hehe🙂

One thought on “Edmodo: Social Network untuk Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s