Software Geometri Interaktif GRATIS

Wah, kenapa kata “gratis” di judul saya ketik huruf besar semua ya? Hmm, mungkin ada hubungannya dengan seminar internasional yang saya ikuti beberapa hari lalu. Seminar tentang penggunaan AUTOGRAPH, dynamic geometry classroom software , sekaligus workshop penggunaannya yang dipandu langsung oleh Mr. Alan Catley (UK). Kalau Anda mau coba trial nya, silahkan meluncur ke http://www.autograph-math.com/

Dengan segala kekayaaan fiturnya, cukup wajar kalau single license software ini dibanderol dengan harga Poundsterling 59 (maaf saya tidak menemukan logo mata uang ini di keyboard, hehe); atau sekitar 800ribu rupiah.

Kalau Anda sebelumnya sudah biasa mencoba software-software sejenis, mungkin komentar Anda tidak akan jauh beda dengan saya:

1. Mantap!

Software ini menjawab kekurangan yang ada di software-software lain. Mulai dari interface hingga konstruksi objek. Sebut saja, GeoGebra. Fitur 3D nya jelas tidak bisa dibandingkan.

2. Mahal

Salah satu kendala terbesar dalam penggunaan teknologi di pendidikan Indonesia adalah LISENSI. Mengusulkan ke pemerintah agar membeli lisensi software ini untuk kemudian di gunakan secara massal? Aih aih, bukannya saya pesimis… (saya orang pemerintahan juga lho). Tetapi saya juga mencoba objektif. Alih-alih software untuk  special object gini, silahkan dihitung menggunakan jari, kira-kira berapa jumlah guru yang menggunakan software office berlisensi di negeri ini? Hoho…..

Solusinya?

Hmm, mari berpikir positif. Sambil menunggu usaha menggolkan lisensi si autograph ini berhasil, tidak ada salahnya mencoba software geometri interaktif lain yang GRATIS. Mungkin fiturnya tidak selengkap Autograph. Tetapi orang jawa bilang, “ana rega ana rupa”… Kira-kira artinya: kualitas menentukan harga! Silahkan coba software gratis ini…

  1. GeoGebra : www.geogebra.org

GeoGebra merupakan dynamic geometry software yang dikembangkan oleh Markus Hohenwarter . Dengan berbasis Java, GeoGebra dapat digunakan dalam berbagai platform. Konstruksi pada GeoGebra cukup lengkap, meliputi titik, vektor, garis, polygon dan fungsi.

2. Graph 4.2: www.padowan.dk/graph

Graph 4.2 menyediakan konstruksi grafik dalam 3 jenis fungsi, yakni fungsi standar y = f(x), fungsi polar r=f(t), dan fungsi parametrik x(t),y(t).

3. Math GV: www.mathgv.com

 Software geometri ini memiliki kemampuan untuk mengkonstruksi grafik dalam sistem koordinat kartesius 2 dimensi dan 3 dimensi, juga koordinat polar. 

Hmm, sejauh yang saya coba, kemampuan 3 software gratis ini cukup mengatasi kebutuhan Autograph (tidak sepenuhnya mengatasi, tapi its OK untuk kebutuhan pemula). Untuk konstruksi 2D, silahkan gunakan GeoGebra. Untuk konstruksi dalam sistem koordinat polar, silahkan gunakan Graph 4.2. Dan untuk konstruksi di grafik 3D, silahkan gunakan MathGV. 

Hmm, tetapi konon kabarnya sih tidak masalah juga menggunakan Autograph versi trial selama 30 hari. Dari yang sudah pernah mencoba, ternyata versi trial ini dapat diperbarui selalu. Saya belum mencoba sih, karena ketika saya menulis ini Autograph yang saya instal masih punya waktu trial 25 hari… hehe😀

2 thoughts on “Software Geometri Interaktif GRATIS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s