02 Mei

“Mi, tadi di sekolah Bu Guru bilang pas ujian besok anak-anak yang pintar kalo sudah selesai mengerjakan, lembar jawabannya di letak pinggir biar temen lain bisa lihat…”

Itu adalah ucapan anak kelas VI SD, yang (seharusnya) pertama dalam sejarah hidupnya dia mulai belajar mempertanggungjawabkan usaha dan kerja kerasnya. Ah, tapi itu hanya satu kisah dari banyak kisah keluh kesah UN yang mampir ke saya. Jadi inget, waktu masa sekolah dulu saya juga bukannya tidak pernah mencontek… sering malah! (hehe, jadi malu😀 ). Tapi kalau inget perasaan dulu waktu mencontek, mungkin begitulah rasanya koruptor yg sedang diincar KPK yak?! Saya pikir itu adalah perasaan alamiah yang muncul karena kesadaran atas perbuatan salah yang telah dilakukan. Tetapi entahlah, apa jadinya jika ‘perasaan’ itu dibunuh, bahkan di usia belia ketika benar-salah masih samar terbaca.

“Jujur dan Berprestasi”,  adakah spirit itu muncul di sistem pendidikan kita? Adakah yang bisa menjawab dengan pasti? Jadi, please deh buat para Gubernur/Bupati/Walikota, jangan terlalu membanggakan diri jika daerah yang Anda pimpin menduduki peringkat kesekian dalam hal kelulusan siswa (emang ada gubernur mau mampir ke blog ini???).  Efek dominonya jelas, di ujung sana ada siswa-siswa yang bahkan gamang akan kemampuan diri mereka sendiri (alih-alih mau jujur!).

02 Mei. Ah, leganya udah nulis di sini. Saya tidak terlibat langsung dengan pendidikan siswa, tetapi entah kenapa setiap bertemu wajah polos mereka hati ini selalu berkata, 10 tahun… 20 tahun lagi… kamulah yang akan mengisi negeri dan dunia ini. Katakan pada gurumu nak, bahwa kamu tidak mau menjadi seperti Hitler🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s