Obameter : Refleksi Politik Cerdas

Obameter? Yup, ini memang ada hubungannya dengan Barrack Obama. But tulisan ini sama sekali tidak akan membahas apa dan siapa Barrack Obama si Mr. President, lebih-lebih kebijakan atau pun kehidupan pribadinya. Tidak, sama sekali bukan!

Tulisan ini hanya ingin membahas kecerdasan pengamat politik USA melalui situs OBAMETER .

obameter

Well, sudah menjadi kebiasaan dimanapun bahwa kampanye identik dengan janji-janji. Dengan rute kampanye yang begitu banyak, semakin banyak pula janji-janji yang terucap untuk kemenangan pemilu. Setelah terpilih lalu apa? Adakah yang mengingatkan akan janji-janji itu? Adakah yang bersaksi akan janji itu? Siapa yang bisa tetap objektif?

Cerdas! Itulah yang dikemas Politifact.

PolitiFact merupakan proyek dari St Petersburg Times yang ditujukan untuk  menemukan kebenaran dalam politik.

Setiap hari, wartawan dan peneliti dari Times memeriksa pernyataan anggota kongres, Presiden, Sekretaris Kabinet, lobbyists, orang-orang yang bersaksi sebelum Kongres dan siapapun yang berbicara atas di Washington.

Obameter digunakan untuk menilai Mr. President. Reporter Times mengumpulkan data dari lebih dari 500 setiap janji yang dibuat Barack Obama selama kampanye. Kemudian dilakukan penelitian untuk menilai status janji-janji itu, sebagai No Action, In The Works atau Stalled . Kalo janji itu sudah dijalankan, maka akan diambil kesimpulan apakah Promise Kept, Compromise or Promise Broken.
obama

Pernyataan pejabat publik lain juga dicatat. Konsistensi dari pejabat publik ditampilkan di  Flip-O-Meter menggunakan tiga peringkat: No Flip, Half Flip, dan Full Flop.

Indonesia, buat yuk! Hmm, di tahun 2009 ini Indonesia akan mengadakan pemilu legislatif dan presiden.  Pasti ok punya tuh. Agar rakyat memiliki report, seberapa taat pemimpin mereka terhadap janji-janji yang mereka ucapkan kala kampanye.

Tinjauan secara teknis mungkin hal ini mudah. Namun bagian tersulit adalah mengumpulkan daftar janji dan memantau pelaksanaan janji. Dibutuhkan bukan hanya reportase yang akurat, namun juga objektif dan faktual dan disertai database yang menyimpan bukti-bukti otentik atas setiap statement dan action. Belum lagi biaya besar mengingat geografis Indonesia yang luas dan jumlah caleg yang bejibun (wah, koq jadi berat gini?).  KPU atau siapapun, bisakah?

Tujuannya positif, agar para caleg dan capres konsisten pada janji yang menjadikan mereka terpilih. Bukan cuma sibuk berpose di poster-poster pinggir jalan dan jadi bintang iklan TV dadakan (pusing gue :(  )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s