Making Video : Lepas Benang

Ini job yang bikin gregetan ( harusnya mudah, jd kelihatan ribet karena kurang informasi dan konsentrasi). Hmm, Math Playground bermaksud membuat video petunjuk alat permainan. Sasaran pertama pengerjaan adalah LEPAS BENANG ( yang penasaran tunggu tulisan selanjutnya).

Alhamdulillah, aku terpilih sebagai peran utama+narator+editor biarpun tanpa audisi (apapun harus disyukuri kan? hehe). Masalah muncul ketika akan bermaksud mengedit hasil sutingan Sony DCR DVD908.

Why ? Ternyata tipe file yang dihasilkan adalah tipe dvd (.vor, .ifo, .bup). Sementara yang diinginkan adalah menggabungkan beberapa file video hasil rekaman dengan editing menggunakan video editor yang ada seperti Movie Maker, Pinnacle, or Premiere Shop. Tapi ternyata tool-tool itu tidak compatible untuk mengimpor tipe file tersebut.

So how? Aku coba brosing converter video gratisan. Hasilnya? Dapet beberapa sih, tapi hasil convert ada watermark bertuliskan brand si empunya software, muncul tepat ditengah-tengah screen video! (di dunia ini emang suse cari yang gratis).

Well, setelah tanya sana-sini, akhirnya dapat info dari Pak Ashari (matur nuwun Pak🙂 ). Ternyata si SONY ini disertai software bawaan yang langsung dapat mengconvert ke MPEG sekaligus editing. Walaaaaaaah (cuma itu yang bisa terucap setelah semuanya terhandle).

2 thoughts on “Making Video : Lepas Benang

  1. wah, susah jg ya… coba tanya eyang gugel, ato masuk nodevice.com… kalo belum ketemu jg, iA saya carikan (tp ya saya cari dulu, bkn milik pribadi soalnya…. hehe)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s