Guru dan Teknologi

Tanggal 25 Nov kemarin guru-guru di Indonesia boleh sedikit berbangga, karena pada hari itu profesi guru menjadi begitu disorot dengan adanya hari guru. Sebenarnya sejauh mana masyarakat menaruh apresiasi pada hari guru? Dan sejauh mana para guru (pendidik) memposisikan diri sebagai profesi teladan di negeri ini?

Tulisan ini sama sekali bukan bermaksud menggurui, hanya suatu bias pemikiran yang saya tujukan untuk saya pribadi, karena sesungguhnya setiap insan adalah guru bagi dirinya sendiri.

Guru  adalah teladan, manajer, pelopor dan developer. Sedikit bermimpi, saya membayangkan pendidikan di Indonesia yang berbasis teknologi.  Tapi mungkin ini bukan sepenuhnya bermimpi, karena terbukti banyak guru-guru di Indonesia yang keren dalam penguasaan teknologi. Bukankah sebagai individu guru pun berhak meningkatkan potensinya?

Terbayang dalam pikiran saya, jika teknologi dimanfaatkan secara maksimal dalam pendidikan di negeri ini. Misal saja dengan eLearning. Ketika siswa dapat mengakses materi pembelajaran kapan saja dan dimana saja, berinteraksi dan mandiri dalam belajar dengan guru sebagai pemantau. Sebenarnya eLearning bukannya belum ada di Indonesia, tetapi terbukti akses siswa masih belum maksimal. Hal ini mungkin dapat menjadi bahan renungan, mengingat teknologi bukanlah hal yang murah dan sangat sayang jika tidak dimanfaatkan.

Sekali lagi mungkin guru berperan besar disini.Mengarahkan agar siswa giat mengakses sisi positif teknologi tentu akan bermanfaat di masa datang. Bangsa ini tidak bisa berpijak hanya pada kejayaan masa lalu, dan teknologi adalah jawabannya.

Selamat hari guru….

(Untuk para pendidik den tenaga kependidikan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s