Hasil Browsing and Chatting

Tulisan ini dikumpulkan dari info-info browsing dan chating. Makasih untuk para narasumber, jazakillah….

toys.jpgDahulu bisa dikatakan laptop termasuk barang “exclusive”. Sekarang??? Boleh sih dibilang ”exclusive” , tapi tergantung tipenya. Jika Anda punya dana 4jutaan, Anda sudah bisa menenteng dokumen Anda kemanapun Anda pergi, main game, dan melakukan aktivitas komputasi standar lainnya. Apalagi kalau lebih, hmmm………
Maka dari itu tidak heran kalau angka penjualan PC di tahun 2007 Cuma meningkat 9%, sementara laptop mencapai 45 % (Anugrah Pratama).

Kenapa harga laptop bisa semurah itu?

Hal ini sebenarnya diawali oleh Intel yang membuat program BTO (Build to Order) Notebook, kira-kira 2 tahun yang lalu. BTO Notebook adalah notebook yang dirakit sesuai dengan permintaan, seperti PC dekstop yang banyak dikenal saat ini, ada komputer rakitan, ada juga notebook rakitan. Program ini langsung direspon oleh produsen Notebook dunia, mereka membuat notebook barebone. Notebook barebone adalah notebook yang terdiri dari chasis (termasuk LCD monitor, keyboard) dan mainboard. Jadi OEM builders, atau perakit notebook lokal tinggal memasang CPU prosesor, Memory RAM DDR2 dan Harddisk saja. Produsen-produsen yang sudah membuat notebook barebone antara lain: MSI, AOpen, Asus, Quanta dan FIC.
Sejak saat itu banyak pemain lokal yang mulai merespon hal ini dengan menerbitkan merk lokal, antara lain: Axioo, Forsa, Byon, dll. Sebagai contoh Notebook Axioo sejak pertama diperkenalkan, langsung menggebrak pasar dengan harga yang cukup miring. Saat ini Notebook Axioo yang paling murah tipe Neon VL624NC dijual dengan kisaran harga 4,2 – 4,3 juta dipasaran. Para pemain lokal mengimpor Notebook barebone dan komponen lain, seperti processor, memory, harddisk, dalam bentuk terpisah sebagai spare part. Kemudian merakitnya di Indonesia.
Bagaimana dengan kualitas notebook murah tersebut? Pandangan kita tentu cenderung memandang negatif mengenai hal ini. Hal ini seolah didukung dengan pemain notebook bekas, para pemainnya rata-rata tidak mau menerima notebook second dengan brand atau merek lokal. Bagaimana mungkin notebook murah memiliki kualitas bagus seperti merk yang sudah terkenal? Kenyataannya kualitasnya tidak kalah dengan merk yang sudah terkenal. Sudah banyak yang menggunakan dan mereka rata-rata cukup puas dengan kualitas notebook lokal ini.
Bahkan Intel sendiri, menyatakan,”Barebone system yang ditawarkan saat ini sama dengan yang dipasok ke vendor yang besar dengan sedikit perbedaan design style. Kualitasnya jauh lebih baik dibandingkan dua tahun yang lalu dan semakin baik.” Berkaitan dengan design model, Intel berkata,”Hari ini style notebook BTO sudah tidak menjadi momok. Perkembangan design style model, warna dan bentuk sudah banyak tersedia dipasaran. Ini disebabkan oleh dukungan Prosesor dengan teknologi Intel Centrino, yang membuat laptop menjadi lebih tipis dan ringan.”
Selain itu para pemain lokal juga membuat jaringan service center yang luas dan melatih para teknisi mereka sehingga mampu memberikan support dukungan garansi yang baik. Setiap kasus selalu ditangani dengan baik, misalkan penggantian notebook baru, untuk notebook baru yang di LCD-nya ada dead pixelnya. Keunggulan yang lain adalah harga part yang cukup murah dibandingkan dengan part notebook merk terkenal. Karena itu, tidak heran, pertumbuhan penjualan notebook merek lokal meningkat tajam. Jadi sekarang, kita punya alternatif jika ingin memiliki sebuah notebook. Notebook murah ternyata cukup aman, kualitas bagus, harga terjangkau. Jika memang dana terbatas, notebook murah dari vendor lokal bisa dijadikan pilihan. (Anugrah Pratama)
Dengan kata lain, tidak perlu merasa gengsi memakai laptop produk lokal. Anda bisa bertanya pada yang sudah menggunakan Axioo, Acer, Forsa, Byon, dll. Lagipula, sesekali cinta tanah air kan tidak ada salahnya, apalagi kalau kepepet hehehe….

Tips membeli laptop ???
1. Tentukan berapa budget kita. Minimal 4jutaan sudah bisa tuh dapat laptop baru. Anda bisa lihat referensi harga di internet, bhineka.com, glodokshop.com, dll. Berapa harga yang Anda lihat di internet, kalau Anda membeli langsung di toko/dealer seharusnya lebih murah. Apalagi jika sedang pameran, pasti lebih banyak bonus dan diskon. Yaah, untuk sebagian orang yang tidak ada masalah dengan dana sih poin ini skip aja ^_^
2. Tentukan kebutuhan laptop, fungsinya untuk apa.
– kalau untuk tugas kuliah/kantor standar (ngetik, pengolahan data, angka, presentasi) atau main game mini (solitaire, freecell) dengan processor Celeron dan RAM min 128 Mb saya rasa sudah cukup. Tapi perhatikan juga OS yang dipilih…
– Untuk pengolahan grafis, video editing dan kepentingan desain lainnya, apalagi untuk game 3D sangat disarankan menaikkan RAM min 512 Mb. Buat Anda yang menjadikan game 3D adalah kebutuhan, termasuk jika Anda adalah programmer game, Anda bisa memanjakan diri dengan memperhatikan VGA yang digunakan. Yang paling ok sih NVidia (terutama untuk Augmented Reality), tetapi ATI atau Intel 945 sudah memenuhi standar koq. Acer dan Relion menyediakan spek dengan VGA NVidia dengan harga terjangkau, namun dengan processor AMD. Ga masalah kan?
– Kalau ga ingin dianggap ketinggalan, atau memang berniat menjual lagi laptop di masa yang akan datang, pilih teknologi terbaru! Dengan demikian harga jual tidak terlalu jatuh. Tapi ya siapkan saja dana lebih….
3. Mobilekah Anda?
Jika Anda sangat mobile, pilih laptop dengan daya tahan baterai lama. Rata-rata baterai laptop tahan 2 jam, Toshiba 3.5 jam, dan Lenovo 12 jam. Atau dapat pula Anda selalu membawa baterai cadangan. Pilih juga laptop yang ringan dan ukuran LCD dibawah 12”. Tetapi ini dengan konsekuensi berkurangnya kepuasan menonton.
4. Komponen laptop yang Anda butuhkan?
Termasuk di dalamnya konektivitas seperti, NIC, modem, Irda, Bluetooth, WiFi, bahkan Webcam. NIC berfungsi untuk tersambung ke jaringan dengan kabel data, Irda dengan Infra Merah, Bluetooth dengan gelombang radio. Modem berfungsi untuk koneksi internet dengan dial up (line phone). Sedangkan WiFi untuk koneksi internet melalui hotspot-hotspot yg sekarang sudah banyak dijumpai di kafe-kafe, bandara, dan hotel. Dengan Webcam, chatting semakin asyik…. Kalau Anda ingin memaksimalkan penyimpanan data, pilih yang laptop dengan DVDRW agar Anda dapat burning data setiap saat.
5. Perhatikan layanan purna jual
– Garansi
– Kemudahan memperoleh sparepart. Untuk merk lokal, Byon merupakan laptop kompatible yang komponennya dapat digunakan untuk seluruh tipe Byon.
– Pastikan ada tempat service resmi dan mempunyai jaringan yg luas baik di dalam atau luar negeri.

2 thoughts on “Hasil Browsing and Chatting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s